Blogger Widgets

Geany+Gpp untuk OS Microsoft Windows

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum, sudah lama sekali saya tidak memposting sesuatu di blog ini dikarenakan ada urusan dan kesibukan yang harus saya selesaikan, baiklah kali ini saya akan memposting sebuah tool yang bernama geany. Apa itu Geany???
Geany merupakan peranti lunak penyunting kode program atau lebih akrab dengan sebutan IDE (Integrated Development Environment). Geany mendukung sekitar lima puluh bahasa pemrograman, di antaranya C, C++, Java, PHP, dan Python. Untuk lengkapnya lihat screenshot di bawah ini.


Geany didesain sedemikian rupa sehingga berukuran kecil dan gegas, sehingga ringan saat dijalankan. Itu semua karena Geany hanya membutuhkan sedikit paket dependencies. Misi lain yang diusung oleh pengembang Geany adalah sedapat mungkin independen dari berbagai macam lingkungan desktop semacam Gnome dan KDE. Hasilnya, Geany hanya membutuhkan pustaka GTK2 untuk dapat dijalankan.
Seperti halnya IDE yang lain, Geany mendukung sintaks highlighting atau pemberian warna berbeda untuk sintaks tertentu. Dengan demikian Anda dapat dengan mudah mendeteksi kesalahan penulisan sintaks. Selain itu Geany juga mendukung autocompletion atau pelengkapan sintaks secara otomatis. Ini sangat membantu Anda sehingga tak perlu menghafalkan berbagai fungsi pemrograman.
Hebatnya lagi, secara built-in Geany juga memiliki kemampuan untuk membangun (build) kode program. Misalnya ketika sebuah program dalam bahasa C ditulis, Anda dapat lansung melakukan kompilasi, membangun, dan mengeksekusi program tersebut tanpa harus membuka program lain.
Selain itu terdapat juga berbagai macam plugin yang dapat disematkan pada Geany sehingga fungsionalitasnya dapat diperluas. baiklah untuk mendownload geany, silahkan download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar